Jenis – jenis Jaket

Jaket berasal dari Bahasa Inggris ‘jacket’ untuk menyebutkan pakaian berbahan tebal untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Untuk itulah outwear ini selain berbahan tebal juga memiliki panjang hingga pinggang atau pinggul. Bahkan ada yang panjangnya hingga paha bahkan lutut dengan hoodie dan dikenal dengan nama Jaket Parka.

Namun, banyaknya model dan jenis jaket kadang membuat kita bingung. Ada jaket kulit, jaket denim, hoodie, jemper, sweater, bomber, dan masih banyak lagi. Supaya tidak bingung kami coba jelaskan beberapa jaket tersedia di pasaran serta dapat dipesan pada kami:

1. Jaket Hoodie

Konveksi Hoodie

Foto: Google.com

jaket Hoodie adalah jaket berbahan fleece yang memiliki hoodie atau tutup kepala (kupluk). Hoodie sendiri berarti penutup kepala atau kupluk. Jadi semua jaket yang memiliki kupluk bisa disebut Jaket Hoodie.

2. Jaket Jemper

Konveksi Jaket Hoodie

Jaket Jemper adalah Jaket Hoodie tanpa zipper (resleting). Namun tetap memiliki kupluk atau penutup kepala.

3. Jaket Sweater

Konveksi Sweater

Foto: Google.com

Jaket Sweater adalah Jaket Jemper tanpa kupluk (penutup kepala). Sama seperti Jemper, Sweater biasanya berbahan fleece, kain wool, sintetis atau katun dan tanpa zipper (resleting).

4. Jaket Cardigan

Konveksi Cardigan

Foto: Google.com

Jaket Cardigan adalah Jaket Sweater dengan potongan bagian depan yang rendah. Bahkan Cardigan yang biasanya digunakan oleh wanita adalah Cardigan dengan potongan terpisah. Cardigan jenis ini digemari karena memberikan efek slim (langsing) pada pemakainya.

5. Jaket Bomber

Konveksi Bomber

Foto: Google.com

Jaket Bomber atau Bombardier Jacket / Flight Jacket adalah jaket yang awalnya diperuntukkan untuk pilot. Namun kini, jaket ini juga dipakai oleh masyarakat umum. Di era Perang Dunia I, dikarenakan tidak semua pesawat memiliki kokpit tertutup, maka dibutuhkan jaket yang dapat membuat para pilot tetap hangat.

Tahun 1986, Tom Cruise di film Top Gun turut andil mempopulerkan jaket jenis ini. Dan kian digemari setelah era 2000-an yang cukup populer terutama di kalangan hiphop.

Jika awal pembuatan jaket ini menggunakan bahan kulit domba, kini berbagai bahan bisa digunakan diantaranya taslan agar tahan air, parasut dengan modelnya yang simple, satin dengan ciri khas permukaan yang mengkilap, dan sebagainya.

Leave a Reply